thriller

RESENSI BUKU BLACK SHOWMAN DAN PEMBUNUHAN DI KOTA TAK BERNAMA

Judul asli : Black showman to namonaki machi no satsujin
Judul terjemahan : Black snowman dan pembunuhan di kota tak bernama
Penulis : Keigo higashino
Penterjemah : Milka ivana
Penerbit : gramedia
Cetakan : 1, Jakarta 2021
Tebal : 520 halaman
Peresensi : Elok mayangsari

Mayo mendadak harus pulang ke kampung halamannya karena mendapat berita bahwa ayahnya meninggal dengan cara dibunuh. Ia adalah putri satu-satunya dan hubungan mereka bukanlah yang sangat akrab. Mayo harus menghadapi serentetan introgasi oleh pihak kepolisian, namun siapa sangka pamannya Takeshi yang telah lama menghilang muncul untuk mendampingi sekaligus membantu menemukan pelaku pembunuhan. Ayah Mayo adalah pensiunan guru yang disegani dan kebetulan dalam waktu dekat para alumni yakni teman-teman Mayo SMP sedang merencanakan sebuah reuni, untuk itulah beberapa murid berhubungan dengan ayah Mayo yang sangat antusias untuk hadir. Korban sendiri ditemukan oleh Haraguchi yang tak lain adalah alumni muridnya.
Eiichi ternyata dibunuh dengan cara dijerat, menurut tim forensik senjata pembunuhnya adalah kain yang cukup lebar dan lembut seperti handuk atau sejenisnya. Kepolisian tidak memberi tahu secara detail bahkan terkesan menutupi penyelidikkan dengan dalih bersifat rahasia, maka dari itulah Takeshi sebagai adiknya merasa harus turun tangan untuk menyelidiki kematian kakaknya. Ia sangat cerdas, berani bahkan bisa mengorek informasi tanpa disadari oleh lawan bicaranya. Semua orang yang berada dalam daftar riwayat panggilan seluler merupakan tersangka, apalagi yang tidak memiliki alibi. Takeshi bersama Mayo melakukan penyelidikan menurut cara Takeshi. Dengan dibantu berbagai macam alat perekam, penyadap, kamera mereka bahu membahu memecahkan misteri ini karena tidak ada sidik jari apapun yang tertinggal di TKP sehingga penyelidikkan seperti berjalan di tempat belum lagi kepolisian yang enggan berbagi informasi.
Cerita ini sangat menarik dan tidak membosankan sama sekali. Cara-cara unik yang digunakan Takeshi untuk mendapatkan informasi menambah poin plus, apalagi dengan profesinya sebagai ahli sulap profesional, dia bisa memanipulasi keadaan tanpa disadari bahkan oleh pihak kepolisian sekalipun. Trik yang digunakan Takeshi benar-benar memukau, itulah sebabnya tidak bisa berhenti membaca. Pokoknya wajib banget baca buku ini.

Leave a comment