horor

RESENSI BUKU KUTUKAN MUSTIKA ULAR

Judul : Kutukan mustika ular
Penulis : Prasodjo Muhammad
Penerbit : Bukune
Cetakan : 1, april 2023
Tebal : 284 halaman
Peresensi : Elok mayangsari

Awal kisah bermula dari perjalanan mistis yang dilakukan oleh salim dan oji ke sebuah tempat yang sangat sakral. Oji sendiri awalnya hanya tahu bahwa om salim akan mengajaknya mendaki gunung namun ternyata perjalanan ini menuju hutan terlarang untuk mengambil sebuah mustika. Oji tak bisa berbuat apa-apa selain mengikuti perintah salim. Mereka melalui berbagai rintangan seperti memyeberangi sungai rogosukmo dimana hanya hati yang bersih saja yang berhasil memyeberangi sungai itu. Bertemu dengan mbah putri yang sangat baik dan memberi banyak wejangan pada oji, hingga tiba di dua pohon beringin bertanda yang merupakan gapura dimensi lain. Memasuki padepokan disuguhi banyak orang-orang berlatih beladiri serta tetap bersholawat. Mbah putra pemilik padepokan telah mengetahui niat salim sehingga ia menyuruhnya berendam di belik agar seluruh jiwa raganya bersih tanpa ada aura negatifnya lagi. Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan hingga mencapai gua, namun siapa sangka penjaga gua tersebut adalah ular kobra yang sangat besar, pantas saja dinamakan mustika ular. Mustika ini banyak dicari orang dan selama ini belum bisa dimiliki siapapun. Mustika ini dapat digunakan untuk pengobatan dan tentu saja bila digunakan untuk mencelakai orang maka akan terjadi musibah bagi pemiliknya.
Salim masuk sendirian ke dalam gua, oji pun menunggu hingga ber jam-jam lamanya. Setelah mustika didapatkan, mereka kembali ke padepokan dan ternyata salim lagi-lagi harus berendam karena masih terdapat niat buruk dalam hatinya. Setelah itu mereka pun meninggalkan padepokan menuju kembali ke rumah. Namun saat perjalanan, oji terhenti melihat rumah mbah putri yang bobrok jauh berbeda saat awal ia datangi. Ternyata mbah putri adalah jin yang membantunya agar tetap selamat dan aman selama mendampingi salim,yah oji lah pilihan mbah outri karena ia rajin sholat, sholeh, adabnya baik sekali. Setelah sampai di rumah mbah juru kuncen, oji kembali terkejut ketika mbah berkata bila pasti suatu saat oji akan kembali ke sini lagi. Dan semua itu terbukti setelah 9 bulan ia kembali seorang diri ke hutan terlarang ini untuk mengembalikan mustika ular karena salim telah menyalahgunakan benda keramat ini. Mampukah ia menerobos hutan terlarang kembali?
Cerita ini benar-benar kisah nyata yang penulis ceitakan kembali dengan bahasa yang ringan, penuh ketegangan dan sangat menarik. Oji sendiri adalah narasumber asli yang memang mengalami kejadian mistis dalam mendampingi om salim mencari mustika ular dan tentu saja hutan terlarang yang dimaksud tidak diceritakan detailnya agar tidak ada lagi korban seperti om salim.

Leave a comment